Iklan

Contoh banner 1

Monday, September 26, 2016

Pengembangan Kurikulum & Pembelajaran SD

Ringkasan Modul

1.      Pengertian kurikulum secara sederhana adalah : sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh siswa dari awal sampai akhir program pelajaran untuk memperoleh ijazah.
2.      Pengerian kurikulum secara luas adalah semua pengalaman belajar yang dialami siswa dan mempergaruhi perkembangan pribadinya.
3.      4 Dimensi pengertian kurikulum yaitu :
a.       Kurikulum sebagai ide/gagasan
b.      Kurikulum sebagai rencana tertulis
c.       Kurikulum sebagai suatu kegiatan
d.      Kurikulum sebagai hasil belajar
4.      Kurikulum berfungsi sebagai : Pendoman dalam pelaksanaan pendidikan bagi pihak-pihak terkait baik secara langsung maupun tidak langsung seperti : Guru/Tenaga pendidik, tenaga kependidikan, Orang Tua dan Masyarakat
5.      Khusus Bagi siswa selain sebagai pendoman belajar, kurikulum memiliki 6 Fungsi yaitu :
a.       Fungsi Penyesuaian
b.      Fungsi Pengitergrasian
c.       Fungsi diferensiansi
d.      Fungsi Persiapan
e.       Fungsi Pemilihan /Seleksi
f.       Fungsi diangnostik
6.      3 Dimensi peranan kurikulum yaitu :
a.       Peranan konservatif yang berkaitan dengan proses pewarisan nilai-nilai budaya masa lalu yanga dianggap masih relevan dengan masa kini.
b.      Peranan kreatif berkaitan dengan pengembangan sesuatu yang baru yang dibutuhkan masyarakat
c.       Peranan kritis / Evaluatif berkaitan dengan proses pemilihan nilai, budaya dan pengetahuan baru yang akan diajarkan
7.      Kurikulum merupakan suatu sistem artinya : Kurikulum merupakan suatu kesatuan atau totalitas yang terdiri dari berbagai komponen, dimana anatara komponen suatu dengan lain-nya saling berhubungan & saling memperngaruhi untuk mencapai tujuan.
Komponen – komponen itu adalag : 
a.       Tujuan
b.      Isi/Materi
c.       Strategi pembelajaran
d.      Evaluasi
a)      Tujuan Kurikulum menggambarkan kualitas manusia yang diharapkan terbina dari proses pendidikan
a.       Memberikan Petunjuk mengenai arah perubahan yang di cita-citakan dari kutikulum
b.      Memberikan petunjuk yang jelas terhadap pemilihan isi/bahan ajar, strategi pembelajaran, media & evaluasi
c.       Sebagai dasar arah dan patokan dalam menentukan komponen kurikulum lainya
b)      Isi/Materi kurikulum merukan pengetahuan ilmuah terdiri dari fakta, konsep, prinsip, nilai dan keterampilan yang diberikan pada siswa
c)      Strategi pembelajaran berkaitan dengan : Siasat, cara atau sistem penyampaian isi kurikulum

2 Jenis strategi pembelajaran yaitu :
a)      Berorientasi kepada guru ( teacher oriented )
b)      Berorientasi kepada siswa ( student oriented )
·         Strategi 1 mencakup model ekspositori /Informasi
·         Strategi 2 mencakup model inkuri atau problem solving
·         Strategi yang digunakan /dipilih diserahkan kepada pelaksana kurikulum dengan pertimbangan hakikat tujuan, sifat bahan/isi dan kesesuaiaan dengan tingkat perkembangan siswa.

d)  Komponen evaluasi ditunjuak untuk menilai pencapaian tujuan kurikulum dan menilai proses implementasi kurikulum secara keseluruhan, Hasil evaluasi dapat dijadikan umpan balik untuk mengadakan perbaikan & penyempurnaan kurikulum dan masukan dalam menentukan kebijakan pengambilan keputusan kurikulum & pendidikan.





0 comments:

Post a Comment