Ringkasan Modul
1.
Pengertian
kurikulum secara sederhana adalah : sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh
siswa dari awal sampai akhir program pelajaran untuk memperoleh ijazah.
2.
Pengerian
kurikulum secara luas adalah semua pengalaman belajar yang dialami siswa dan
mempergaruhi perkembangan pribadinya.
3.
4 Dimensi
pengertian kurikulum yaitu :
a.
Kurikulum
sebagai ide/gagasan
b.
Kurikulum
sebagai rencana tertulis
c.
Kurikulum
sebagai suatu kegiatan
d.
Kurikulum
sebagai hasil belajar
4.
Kurikulum
berfungsi sebagai : Pendoman dalam pelaksanaan pendidikan bagi pihak-pihak
terkait baik secara langsung maupun tidak langsung seperti : Guru/Tenaga
pendidik, tenaga kependidikan, Orang Tua dan Masyarakat
5.
Khusus Bagi
siswa selain sebagai pendoman belajar, kurikulum memiliki 6 Fungsi yaitu :
a.
Fungsi
Penyesuaian
b.
Fungsi
Pengitergrasian
c.
Fungsi
diferensiansi
d.
Fungsi Persiapan
e.
Fungsi Pemilihan
/Seleksi
f.
Fungsi
diangnostik
6.
3 Dimensi
peranan kurikulum yaitu :
a.
Peranan
konservatif yang berkaitan dengan proses pewarisan nilai-nilai budaya masa lalu
yanga dianggap masih relevan dengan masa kini.
b.
Peranan kreatif
berkaitan dengan pengembangan sesuatu yang baru yang dibutuhkan masyarakat
c.
Peranan kritis /
Evaluatif berkaitan dengan proses pemilihan nilai, budaya dan pengetahuan baru
yang akan diajarkan
7.
Kurikulum
merupakan suatu sistem artinya : Kurikulum merupakan suatu kesatuan atau
totalitas yang terdiri dari berbagai komponen, dimana anatara komponen suatu
dengan lain-nya saling berhubungan & saling memperngaruhi untuk mencapai
tujuan.
Komponen –
komponen itu adalag :
a.
Tujuan
b.
Isi/Materi
c.
Strategi
pembelajaran
d.
Evaluasi
a)
Tujuan Kurikulum
menggambarkan kualitas manusia yang diharapkan terbina dari proses pendidikan
a.
Memberikan
Petunjuk mengenai arah perubahan yang di cita-citakan dari kutikulum
b.
Memberikan
petunjuk yang jelas terhadap pemilihan isi/bahan ajar, strategi pembelajaran,
media & evaluasi
c.
Sebagai dasar
arah dan patokan dalam menentukan komponen kurikulum lainya
b)
Isi/Materi
kurikulum merukan pengetahuan ilmuah terdiri dari fakta, konsep, prinsip, nilai
dan keterampilan yang diberikan pada siswa
c)
Strategi
pembelajaran berkaitan dengan : Siasat, cara atau sistem penyampaian isi
kurikulum
2 Jenis strategi
pembelajaran yaitu :
a)
Berorientasi
kepada guru ( teacher oriented )
b)
Berorientasi kepada
siswa ( student oriented )
·
Strategi 1
mencakup model ekspositori /Informasi
·
Strategi 2
mencakup model inkuri atau problem solving
·
Strategi yang
digunakan /dipilih diserahkan kepada pelaksana kurikulum dengan pertimbangan
hakikat tujuan, sifat bahan/isi dan kesesuaiaan dengan tingkat perkembangan
siswa.
d) Komponen evaluasi ditunjuak untuk menilai
pencapaian tujuan kurikulum dan menilai proses implementasi kurikulum secara
keseluruhan, Hasil evaluasi dapat dijadikan umpan balik untuk mengadakan
perbaikan & penyempurnaan kurikulum dan masukan dalam menentukan kebijakan
pengambilan keputusan kurikulum & pendidikan.
0 comments:
Post a Comment